Rabu, 19 Juni 2013

Makanan utama untuk burung perkutut

Makanan utama untuk burung perkutut
Makanan utama untuk burung perkutut
Tidak seperti halnya pada burung kicauan, burung perkutut tidak membutuhkan ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, kroto ataupun ulat. Makanan perkutut pada umumnya hanya berupa makanan berupa biji-bijian. Dengan pemberian berbagai jenis bijian yang tepat akan membuat perkutut menjadi lebih sehat, rajin berbunyi serta lebih produktif jika di ternak.

Millet
Millet adalah makanan bijian berwarna putih kekuningan. Bijian ini adalah makanan yang sangat vital kebutuhannya. Akan tetapi jika pemberiannya terlalu berlebihan (terutama untuk perkutut yg di taruh di sangkar kecil) maka perkutut akan menjadi cepat gemuk sehingga akhirnya malas untuk manggung.

Gabah
Kandungan gizi pada gabah tergolong rendah sehingga tidak membuat perkutut anda cepat gemuk. Pakan jenis ini sangat cocok untuk perkutut lomba karena sebanyak apapun perkutut anda makan, ia tidak akan bisa gemuk. Namun begitu anda tetap harus memperhatikan asupan gizi lainnya agar seimbang sehingga vitalitasnya tetap terjaga dan rajin manggung. Gabah untuk perkutut berukuran kecil, jadi lain dengan gabah untuk ayam.

Jewawut
Bijian berwarna oranye ini sangat tinggi kandungan proteinnya, Bijian ini sangat penting di berikan untuk perkutut yg sedang mengeram dan meloloh. Asupan protein yang tinggi akan mempercepat proses pertumbuhan piyik perkutut.

Ketan hitam
Ketan hitam di percaya bisa memberikan rasa hangat pada tubuh perkutut, karena itu kebutuhannya cukup vital ketika di musim hujan.

Godem
Bijian berwarna hitam ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan ketan hitam. Pemberian godem di percaya membuat perkutut lebih rajin berbunyi namun di percaya bisa menyebabkan perkutut bayak patah dan kurang stabil bunyinya.

Kacang hijau
Tidak seperti pemberian pakan bijian lainnya, cara pemberian kacang hijau dengan cara di loloh dengan cara dipegang perkututnya sambil tangan satunya membuka paruh perkutut sambil di dorong kacang hijaunya ke kerongkongan perkutut. Sebelum di gunakan, kacang hijau sebaiknya di rendam dalam air mendidih (tidak di masak bersama airnya). Kacang hijau sebaiknya di rendam sekitar 6-8 jam agar mengembang.

Kacang hijau bermanfaat untuk menjaga kestabilan suara perkutut lomba. Bijian ini juga sangat baik untuk piyik perkutut dan burung yang sakit.

Beras merah
Beras merah banyak mengandung vitamin E yang berfungsi untuk perkembangan reproduksi perkutut. Vitamin ini sering di gunakan untuk perkutut yang  diternak agar cepat bertelur. Beras merah juga banyak mengandung vitamin B yang sangat berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh.

sumber: http://perkutut-sby.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...