Rabu, 19 Juni 2013

Tips cara memilih makanan untuk pakan burung parkit

Tips cara memilih makanan untuk pakan burung parkit
Dalam setiap memelihara makanan merupakan hal yang penting karena menyangkut paut dalam kelangsungan hidupnya. Bagi anda pemelihara burung parkit sebaiknya jangan asalkan memberi makan. kenali makanan nya agar gisi dan kebutuhan mineral burung ini tercukupi.

Burung parkit termasuk salah satu jenis burung yang tidak terlalu rewel makannya. Bila sudah terlalu lapar makan kayu sangkarpun akan digerus untuk melampiaskan rasa laparnya. Makanan pokok burung parkit adalah biji-bijian kecil seperti jewawut, millet putih,millet merah,jagung muda,beras merah dan beberapa macam biji-bijian lainnya.

Karena itu ada tip khusus disaat memilih pakan burung kesayangan kita tersebut:

1. Pilih Makanan yang masih segar atau yang masih fresh. ciri-cirinya seperti warna pakan seperti millet atau jewawut yang terlihat cerah dan betul-betul berisi.  Hindari makanan yang lama karena hal tersebut akan mengurangi gisi dan mineral di dalam makanan tersebut

2. Bila memilih pakan kiloan dari pedagang langsung ada baiknya pakan tersebut kita seleksi dengan cara direndam air sebentar sehingga biji-bijian yang kosong mengapung diatas sehingga bisa kita saring dan buang. Biji-bijian yang baik akan tenggelam. Setelah perendaman segera kita saring dan jemur dengan panas matahari dengan tujuan agar pakan tersebut dalam keadaan kering dalam penyimpanan untuk menghindari jamur.

3. Cara lain yaitu setelah kita rendam/cuci biji-bijian tersebut kita sangrai (digoreng tanpa minyak) sambil kita tambahkan sedikit garam mineral/dapur ataupun vitamin (supplemen tambahan). hal ini akan menambah nilai gisi pada makanan burung parkit.

4. Kalau kita memilih pakan yang sudah jadi/bentuk kemasan tinggal kita berikan secara langsung. Makanan tambahan berupa sayuran seperti tauge atau jagung muda sangat disukai parkit. Makanan tersebut bisa kita berikan seminggu sekali untuk mengimbangi kecukupan gizi si centil warna-warni.

5. Satu lagi yang tidak kalah penting yaitu pemberian grid atau batu mineral yang bisa diambil dari kulit sotong ataupun tumbukan batu bata merah. Tujuan pemberian grid ini agar memberi kebutuhan mineral untuk si parkit sekaligus membantu proses pencernaannya. Dalam istilah perburungan ngasin/asinan.

6. Perlu diingat bahwa pakan yang berjamur sangat berbahaya bagi kesehatan burung parkit. jadi selalu perhatikan kondisi makanan burung parkit tersebut.

sumber: http://www.hewanpedia.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...