Selasa, 09 Juli 2013

Alasan kenapa burung kenari sulit untuk dijodohkan

Alasan kenapa burung kenari sulit untuk dijodohkan - Senang rasanya jika melihat mudahnya menjodohkan burung kenari di penangkaran milik tetangga. Menjodohkan kenari akan terasa mudah jika mengetahui caranya dan terasa sulit dan membosankan bila tidak mengetahui rahasianya. Memastikan pejantan dan betina, tentunya hal yang sangat mudah dilakukan. Namuntidak hanya sebatas itu yang harus diketahui, karena masih banyak rahasia lain yang harus diketahui untuk sukses dalam menjodohkan burung kenari.

Setelah mencoba menjodohkan burung kenari sendiri, ternyata tidak bisa berjodoh. Mengapa kenari sulit dijodohkan?. Ada beberapa keadaan dimana burung kenari tidak mau atau sulit sekali dijodohkan. Jika diamati secara teliti, setiap individu burung memiliki kebiasaan, kesukaan dan karakter masing- masing yang berbeda. Sesuatu yang membedakan inilah yang harus dicermati dalam menghadapi kendala pada saat menjodohkan kenari.

Beberapa penyebab mengapa kenari sulit dijodohkan; yang antara lain:
  1. Perbedaan usia dan kematangan hormonal, idealnya pebedaan usia hanya terpaut maksimal 5 bulan. Jika jantan berusia 1,5 tahun maka untuk betina berumur 1 tahun.
  2. Kondisi lingkungan sekitar kandang yang tidak nyaman, burung kenari membutuhkan tempat yang tenang untuk berkembangbiak, jauh dari kegaduhan.
  3. Dalam keadaan masa penyembuhan setelah sakit, burung kenari akan lebih banyak melakukan aktifitas makan untuk memulihkan kondisi kesehatan, tanpa peduli dengan calon pasangannya.
  4. Masa ganti bulu/ moulting; seperti pada poin 3, burung kenari yang sedang ganti bulu akan lebih mementingkan kondisinya sendiri.
  5. Burung terlalu muda atau bahkan terlalu tua usianya untuk dijodohkan.
  6. Terlalu sering berganti pasangan, meskipun kenari dapat dijodohkan dengan berganti- ganti pasangan; namun sebaiknya hal ini jangan dilakukan.
Dengan memahami situasi dan kondisi yang ada maka diharapkan dapat mengantisipasi penyebabnya. Terakhir, jangan tergesa- gesa menjodohkan kenari; pahami terlebih dahulu yang terjadi. Mengapa kenari sulit dijodohkan.

sumber: fansburung.blogspot.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...